Wednesday, June 22, 2016

Jelajah Pulau di Kepulauan Seribu, Seru Banget!


Warga Jakarta tidak perlu jauh-jauh mencari tempat untuk liburan. Datang saja ke Pulau Harapan dan pulau lainnya yang masih masuk gugusan Kepulauan Seribu. Seru juga lho menjelajahinya satu per satu!

Apabila Anda merasa sumpek dengan kemacetan dan kepadatan kota Jakarta, jangan berfikir terlalu jauh untuk pergi ke luar kota ataupun ke luar negeri, karena Pulau Harapan di Kepulauan Seribu adalah salah satu tempat terbaik untuk berisitrahat sejenak dan lokasinya masih di DKI Jakarta.

Ketika saya dan sahabat-sahabat saya memutuskan untuk berlibur, awalnya kami berpikir untuk pergi ke Pelabuhan Ratu, namun tiba-tiba ada ide yang lebih baik dengan lokasi yang tidak terlalu jauh. Kenapa tidak ke Pulau Harapan saja?

Pulau Harapan merupakan salah satu pulau di daerah Kepulauan Seribu, jaraknya memang lebih jauh yaitu 3 jam perjalanan dari Pelabuhan Muara Angke. Kami semua berkumpul di pelabuhan Angke pukul 06.00 dan tiba di Pulau Harapan sekitar pukul 10.00. Suasana Pulau Harapan saat itu sangat sepi karena kami datang saat bulan puasa.

Setelah beristirahat, Tour Guide kami langsung mengajak snorkeling ke pulau-pulau yang ada di sekitar Pulau Harapan yaitu perairan Pulau Macan, Pulau Bulat dan Pulau Gosong. Saya sangat excited, karena ini merupakan pengalaman pertama saya snorkeling.

Yang menjadi favorit saya di hari pertama adalah terumbu karang dan ikan-ikan di perairan Pulau Macan dan ombak tenang di Pulau Gosong karena saya bisa menikmati lautan sambil bersantai di atas ban. Malamnya kami habiskan dengan barbeque di villa.

Pada hari kedua, kami kembali mendatangi pulau-pulau di sekitar Pulau Harapan seperti Pulau Genteng Kecil dan Pulau Bira. Kedua pulau ini sangat menarik. Di Pulau Genteng Kecil terdapat beton-beton yang menahan air laut sehingga ombak di sekitar pantai tidak terlalu tinggi dan kedalaman pantai juga tidak terlalu dalam, sehingga kami bisa berenang ke tengah.

Sedangkan di Pulau Bira, saya memilih untuk duduk di dermaga sambil menikmati matahari sore karena spot untuk melihat matahari sangat pas menurut saya. Hari itu kami habiskan di Pulau Bira sambil menikmati matahari yang hampir terbenam.

Namun kami tidak bisa berlama-lama di Pulau Bira karena ombak pasang sehingga kami harus segera kembali ke Pulau Harapan. Malamnya kami habiskan di warung dekat lapangan basket di Pulau Harapan sambil menikmati malam terakhir di sana.

Pengalaman berlibur di Pulau Harapan sangat berkesan, karena kami ber-10 hanya membayar Rp 400.000 untuk menginap selama 3 hari 2 malam. Namun untuk Anda yang ingin mengunjungi Pulau Harapan, ada baiknya memastikan tour yang akan Anda pilih jelas, dan semua biaya sudah termasuk.

Pada hari terakhir Tour Guide kami pulang dan digantikan oleh orang lain, namun yang terjadi adalah beberapa fasilitas dikurangi tanpa sepengetahuan kami dan kami dimintai uang tambahan untuk mengunjungi pulau-pulau lain. Jadi pastikan Anda sudah sepakat dengan tour guide beserta seluruh fasilitasnya.

http://travelwisata.top/indahnya-pulau-harapan/
http://travelia.pw/bersantai-ria-di-pulau-harapan/
http://travelindo.xyz/spot-snorkeling-seru-di-sekitar-pulau-harapan/